Anggaran Re-Alokasi dan Re Fokusing Baru terserap 39,21 persen
untuk tangani Covid19 Di Riau

By Redaksi 20 Jul 2020, 01:05:04 WIB Riau
Anggaran Re-Alokasi dan Re Fokusing Baru terserap 39,21 persen

Keterangan Gambar : Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Riau , Indra, SE, M.Si


Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Pemerintah Daerah Provinsi Riau menjelaskan Pemerintah Provinsi Riau Indra, SE, M. Si  telah melakukan Perubahan Anggaran dalam bentuk Re-Alokasi dan Re-Fokusing untuk menangani pandemi Covid19 di Riau senilai Rp. 399 Milyar Rupiah. Sebelumnya pada Maret 2020 Provinsi Riau juga telah melakukan pergeseran Anggaran senilai Rp 74,9 Milyar Rupiah. 

 

" Kita berupaya agar penyebaran Covid-19 tidak meluas dengan menganggarkan Apbd kita untuk bisa menangani Covid19 ini. Prioritas Anggaran melalui tiga Aspek Yakni kesehatan , Ekonomi , dan Jaring Pengaman Sosial ". Ujar Kaban BPKAD Provinsi Riau Indra kepada Wartawan 


 

Tahap pertama  mengalokasikan anggaran belanja penanganan Covid19 sebesar 74,9 milyar rupiah. Hal ini untuk mendukung tiga Organisasi Perangkat Daerah Riau yang berkaitan langsung dengan Penanganan Covid19. 

 

" belanja langsung utk 3 OPD yakni  dinas kesehatan, RSUD Arifin Ahmad,  RSUD petala bumi dan RS jiwa tampan. dimana  dinas kesehatan alokasinya 46 milyar. RSUD Arifin Ahmad 3,5 m, RS petala bumi 1,7 m, RS jiwa tampan lebih dari 2 milyar rupiah". Terang Indra Ke wartawan

 

 

Selanjutnya Re-Alokasi Tahap Kedua senilai 399 Milyar Rupiah di lakukan pada 14 April 2020 yang lalu. 

 

" Hal ini dilakukan Agar Riau mampu menangani pandemi Covid19 termasuk pada urusan Kesehatan, Ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial". Urai Indra . 

 

Selanjutnya Adanya penyesuaian akibat dari terbitnya surat keputusan bersama Menteri keuangan dengan menteri dalam Negeri untuk   melakukan pengurangan anggaran untuk belanja modal dan barang jasa dimana penyesuaian harus dilakukan  sampai 50 persen, Namun Provinsi Riau  belum maksimal karena sebagian kegiatan sudah terlaksana. 

 

"Setelah di hitung Riau Hanya Mampu menyesuaikan 35 persen. sehingga pendapatan Provinsi Riau 

yang awal nya 10,2 triliun Rupiah turun menjadi 8,4 triliun rupiah. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Riau  setelah penyesuain ketiga menjadi 8,4 triliun atau berkurang sekitar 1,7 triliun rupiah". Terang Indra kepada Media 

 

Dari Pelaksanaan Re-Alokasi Dan Re-Fokusing total dana untuk Anggaran Menangani Covid19 di Riau berjumlah 477 Milyar Rupiah, dan Provinsi Riau telah merealisasikan Anggaran Tersebut sekitar 39,21 persen . 

 

(Abd, Editor: Syah) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment